Home

welcome to my site
  • Siapakah Astronot Pertama? Yuri Gagarin?
    Wan Hu adalah pejabat Tiongkok yang berniat untuk ke Bulan menggunakan kursi dan beberapa roket di bawahnya. Wan Hu meminta tolong pelayannya untuk menyalakan roketnya. Akhirnya Wan Hu sudah mencapai langit dan roketnya meledak. Ada bebebrapa orang mengatakan bahwa Wan Hu sudah mencapai angkasa tapi belum kembali. Meskipun Wan hu meninggal secara tragis, mimpinya dipenuhi oleh orang-orang seperti Yuri Gagarin dan Neil Arsmstrong. Hampir 400 tahun kemudian. Pada tahun 1970, NASA mengakui mimpi Wan Hu dan menamai salah satu kawah Bulan dengan namanya.
  • Mengapa Perang Emu Terjadi?
    Emu adalah burung terbesar dan burung nasional Australia 🇳🇿 Setelah perang dunia ke-1. Saat itu Australia sedang krisis ekonomi. Para veteran kembali untuk menjadi petani. Tapi karena ekonomi yang kayak gini, dan akhirnya banyak yang kerja di kota. Petani yang memutuskan tidak pindah ke kota, semuanya berubah menjadi parah. Biasanya emu balik ke area pantai abis musim kawin. Tetapi tiba-tiba di Australia barat mereka menemukan tanah pertanian yang penuh dan subur. Dan disitu mereka makan tanaman-tamanam yang di tanam. 20.000 emu sudah bikin rugi para petani dan bikin para petani kehilangan lahannya. Akhirnya para petani melaporkan ke menteri pertahanan yang…
  • Seperti apa Bentuk Dinosaurus Sebenarnya?
    Kita pasti pernah menonton film Jurassic World. Tapi coba bayangkan, apakah dinosaurus yang arkeolog temukan sesuai dari perkiraan? Kita tidak tahu bentuk sebenarnya. Orang mengetahui bentuk dinosaurus dengan menempelkan tanah liat ke tulang dinosaurus dan tanah liat itu anggap saja daging dinosaurus. Siapa tahu, bentuk dinosaurus aslinya jauh lebih lucu dibandingkan yang sebelumnya. Sekarang, anggap saja singa laut sudah punah. Dan arkeolog menemukan tulangnya(👇tulang singa laut) Kalian coba lihat baik-baik. Bentuknya persis kayak tulang dinosaurus yang menyeramkan. Tapi aslinya singa laut itu lucu banget….😂
  • Apakah Minuman yang Terlalu Lama di Mobil Bahya?
  • Penambangan Asteroid?
    Kita selalu melihat dan memegang elektronik di sekitar kita. Diamana mana kita makan, beribadah, belajar, dan olahraga di temani sama benda berharga ini yaitu Handphone. Yang jarang kita lihat di dalam Handphone ada benda yang sangat langka seperti terbium, neodymium, dan tantalum. Industri pertambangan bertanggung jawab atas polusi udara. Pertambangan di bumi itu tidak ramah lingkungan dan membahayakan hewan atau manusia. Adakah cara lain untuk menambang dengan cara yang bersih, tidak membahayakan siapapun? Kita hanya bisa melihat ke atas yaitu menambang asteroid. Asteroid mengandung besi, es, emas, logam, dsb. Contohnya asteroid 16 psyche. Asteroid tersebut mengandung besi, emas, dan nikel….
  • Apa yang Terjadi Kalau Percobaan Sains Tanpa Etika?
    Kita semua tahu bahwa ilmuwan dalam melakukan penelitian menggunakan binatang percobaan seperti tikus. Apa jadinya kalau bukan tikus tapi….. (manusia?) Jaman dulu ada yang namanya eksperimen Tuskegee di Alabama Amerika Serikat di tahun 1932. Ada 600 peserta kulit hitam yang dijadikan percobaan. Orang yang mengidap Sifilis hanya diamati untuk lebih memahami penyakitnya tanpa diobati. Padahal seharusnya penelitian ini hanya beberapa bulan saja tapi malah sampai 40 tahun. Tidak hanya di alabama Amerika Serikat. Tapi banyak lagi negara-negara yang melakukan percobaan langsung dengan manusia. seperti penyuntikan virus cacar sapi, penelitian penjara Stanford, penelitian pemisahan saudara kembar. Yang lebih parah lagi Hitler…
  • Apa yang Terjadi Kalau Nazi dan Jepang Menang Perang?
    Dua negara ini yaitu Nazi dan Jepang. Dua negara ini dikelompokan menjadi Blok Axis. Nama Axis ini berawal dari istilah yang pertama kali dipakai oleh pemimpin Italia yang bernama Benito Mussolini. Blok Axis menggambarkan bahwa antara Italia dan Jerman mempunyai hubungan baik di tahun 1923. Tapi blok Axis ini muncul menjadi musuh. Sekarang kita bahas kalau Jerman menang perang dunia II. Kalau Jerman menang perang sama Uni soviet. Kemungkinan besar Eropa akan dikuasai Jerman bahkan dunia. Semua akan sepenuhnya dikontrol sama Jerman. Gak akan ada yang namanya PBB dll. Jepang tentunya pernah menjajah Indonesia. Tujuannya untuk mengambil kekayaan-kekayaan di Indonesia….
  • Kenapa Nazi Jerman Kuat banget?
    Adolf Hitler adalah seorang politikus Jerman kelahiran Austria yang menjadi diktator Jerman dari tahun 1933 hingga 1945. Ia naik ke tampuk kekuasaan sebagai pemimpin Partai Nazi, menjadi Kanselir pada tahun 1933 dan kemudian mengambil gelar Führer dan Reichskanzler pada tahun 1934. Nah, sekarang kita ingin membahas kenapa Nazi Jerman sempat menguasai Eropa namun akhirnya kalah? Jawabanya adalah menurut beberapa laporan pasukan Jerman mengomsumsi obat-obatan atau narkoba jenis Pervitin. Narkoba ini bisa jadi pasukan Jerman memicu adrenalin dan memancing rasa berani saat berperang. Obat ini kuat sampai maksimal 50 jam. Karena minum obat-obatin itu pasti ada dampak buruknya. Karena itu pasukan…
  • Elon Musk Membuat Manusia Robot?
    CEO Tesla sekaligus SpaceX membuat manusia buatan bernama Tesla bot dengan AI (Artificial Intelegence) dalam bahasa Indonesianya “Kecerdasan Buatan”. Jadi robot ini tingginya 1,7 meter dan berat 57 kg. Dan lebih seramnya lagi dia bisa angkat beban maksimal 68 kg. Dia juga bisa lari sampai 8 km/jam. Di tahun 2018 Elon Musk berkata, “AI akan lebih berbahaya dibanding nuklir” (Elon Musk saat di acara SXSW). Di tahun 2021 dia berkata, “Robot ini dirancang untuk ramah kepada manusia”. Dan Tesla bot juga punya teman robot namanya Boston Dynamics. Saya hanya ingin berkata, “Welcome to the future 👋”.
  • Apa yang Terjadi Kalau Bumi datar?
    Jawabannya banyak banget masalah kalau Bumi itu datar. Kalau Bumi itu datar tidak ada yang namanya gravitasi, atmosfer tidak menyelimuti Bumi lagi, tidak ada cuaca, tidak ada gerhana Bulan, tidak ada oksigen. Dan tidak ada kehidupan di Bumi ini. Ok, seandainya masih ada gravitasi. Orang-orang yang tinggal di tengah Bumi masih baik-baik saja. Tapi orang yang tinggal di tepi bumi akan kerepotan. Karena semakin ke pinggir daya tarik gravitasi akan membawa benda ke pusat bumi. Kaum FE membuktikan bahwa bumi itu datar? Ada orang yang namanya Mike Hughes membuat roket yang bebarapa kali gagal untuk membuktikan Bumi itu datar. Tapi…
  • Bagaimana Dinosourus Bisa Punah?
    Tepatnya dinosaurus punah karena meteor manghantam Bumi di daerah Mexico (Amerika Selatan). Penyebab utamanya karena debu-debu meteor yang menyelimuti Bumi. Karena itu para dinosaurus kedinginan karena tertutup sinar matahari dari debu meteornya. Karena tidak ada sinar matahari. Tumbuhan tidak bisa berfotosintesis. Yang hidup hanya Microorganisme. Jadi tidak ada tanaman yang tumbuh. Sedangkan dinosaurus jadi kelaparan dan meninggal. Kawah Chicxulub adalah kawah kuno yang terkubur di Semenanjung Yukatan, Meksiko. Kawah ini terbentuk sebagai akibat dari tabrakan meteor berdiameter 11 – 81 km, yang dikenal sebagai penabrak Chicxulub.
  • Dari Mana Asal Bulan Kita?
    Dari jaman Bumi kita masih jadi lava. 4.5 milyar tahun lalu bumi terbentuk dari asteroid-asteroid yang saling menabrak dan menjadi satu. Nah, itulah terbentuknya Bumi. Apakah Bulan juga terbentuknya seperti rumah biru kita? Asalnya itu dari planet yang bernama Theai yang segeda Mars yang menghantam bumi, puing-puing planet itu menggumpal menjadi satu dan jadilah Bulan.
  • Bagaimana Kalau Jupiter dan Saturnus Saling Bertabrakan?
    Mari kita bahas, Jupiter adalah planet yang paling besar di Tata Surya kita. Planet ini mempunyai 92% gas dan sisanya daratannya. Planet Saturnus sama seperti Jupiter, tapi bedanya dia mempunyai cincin yang indah. Ok, dari tadi kita omongin ciri planetnya. Sekarang kita akan membahas apa yang terjadi kalau Jupiter dan Saturnus bertabarakan? Kalau Jupiter dan Saturnus bertabrakan. Planet itu akan menjadi satu dan super panas. Mereka akan menjadi bintang yang bermassa rendah dan mempunyai lampu yang tidak terlalu terang. Tata Surya kita akan lebih jelas di mana-mana.
  • Voyager 1 Wahana Antariksa Tertua
    Voyager 1 adalah wahana antariksa tertua dan terjauh. Diluncurkan tahun 1977 umurnya 43 tahun. Voyager 1 sudah keluar dari tata surya kita. Tapi voyager 1 belum mancapai Oort Cloud. Jarak dari bumi sudah mencapai 22 miliar. Tadinya hanya untuk mempelajari Jupiter dan Saturnus. Dan ternyata Voyager 1 punya kembaran yaitu Voyager 2. Dia diluncurkan setelah voyager 1 diluncurkan 16 hari kemudian. Bagaimana Cara Voyager Mengirim Data ke Bumi? Banyak sekali orang bertanya-tanya tentang cara mengirim data ke bumi. Wahana luar angkasa dapat melakukan komunikasi data karena mereka telah dilengkapi dengan perangkat antena pemancar radio yang mengirimkan data menuju Bumi. Ini…
  • Apakah bisa Menghidupkan Kembali Hewan yang Punah?
    Jawabannya bisa. Caranya bagaimana? Caranya potong sebagian DNA hewan punah dan DNA-nya diberi ke gajah zaman now. Habis diberi DNA hewan punah. Keturunan hewan gajah zaman now akan seperti mammoth. Mempunyai bulu, tanduk besar, dan tahan dingin. Itu tidak gampang untuk menghidupkan hewan punah. Karena fosil hewan mammoth sudah lama banget di es. Sebagian DNA-nya sudah terpecah-pecah. Apa itu DNA? Kromoson-kromoson yang tersusun itu DNA. DNA merupakan materi genetik yang menentukan sifat dan karakteristik fisik seseorang.
  • Apa Itu Wormhole?
    Dalam fisika dan fiksi, Wormhole adalah jalan pintas melalui ruang dan waktu. Hingga sekarang masih belum diketahui apakah Wormhole terbentuk secara alami. Coba kamu ambil kertas dan habis itu kamu lihat ujung kanan kertas dan ujung kiri kertas. Bayangkan diujung kanan adalah bumi dan diujung kiri itu galaxy Andromeda. Pasti itu sangat jauh. Jadi coba lipatkan kertas tersebut. Kamu akan lebih cepat ke galaxy Andromeda. Kalau ada yang belum ngerti bisa komen atau nonton video dibawah ini:
  • Apa itu Supernova?
    Supernova adalah ledakan energik dan suatu bintang besar yang disebabkan oleh keruntuhan inti gravitasi. Peristiwa supernova ini menandai berakhirnya riwayat suatu bintang. Apakah Dampak Pada Bumi? Nah ada bintang yang bernama Antares dan Betelguese. Dia akan mengakhiri hidupnya dan bintang itu akan menjadi supernova. Jawabannya tidak dampak ke Bumi. Karena atara bintang tersebut sangat sangat jauh. Saat ini, tidak ada supernova yang akan membahayakan kehidupan di Bumi dalam kala hidup kita. Kasus Aneh Bintang Betelgeuse. Di langit malam, Betelgeuse adalah salah satu bintang yang sangat terang dan bisa dengan mudah dikenali di lengan Orion. Ada dua kali peredupan yakni setiap…
  • Story Blog Gavin
  • Cara Memelihara Hamster
    Halo, ada tips nih untuk memelihara Hamster. Kalau ingin tahu cara memelihara Hamster. Yuk langsung saja baca tulisan aku di bawah ini. Beli hamster jangan kebanyakan. Sebaiknya 2 hamster saja, yaitu cewek dan cowok. Karena hamster itu kalau kawin anaknya sangat banyak. Jadi cukup beli satu pasang hamster saja akan cepat menjadi banyak. Kalau hamsternya sudah kawin dan mempunyai anak yang banyak, segera ganti kandangnya menjadi yang lebih besar. Karena kalau kandangnya kecil, hamster menjadi stres. Kamu tidak usah repot-repot membuat kandang seperti aquarium. Kamu bisa memakai clear box. Seperti gambar di bawah👇. Oh iya kalau beli clear box yang…
  • Apa Perbedaan Takut dan Khawatir?
    Kamu sering kan, menggunakan kata  “khawatir” dan “takut”? Sebenarnya arti khawatir dan takut itu berbeda, lho. Kalau mau tahu apa bedanya khawatir dan takut, yuk baca tulisanku di bawah ini Takut terjadi terhadap sesuatu yang sudah pasti. Seperti kita melihat penampakan hantu, mengalami bahaya, atau menghadapi pandemi jadi takut berinteraksi dengan orang lain.  Ada juga yang namanya phobia (ketakutan).  Seperti phobia ketinggian, phobia kegelapan, phobia api, dll. Orang yang memiliki phobia biasanya sering menghindari rasa takut. Nah, contoh-contoh tersebut itu disebut dengan takut bukan khawatir. Khawatir sama saja dengan gelisah atau cemas. Khawatir terjadi terhadap sesuatu yang belum diketahui atau…
  • Perbedaan Danau dan Rawa
    Biasanya air yang luas membentang di daratan disebut danau atau rawa. Tapi danau dan rawa itu berbeda. Perbedaan danau dan rawa adalah sesuai kedalaman airnya. Perbedaan danau jika kedalaman airnya 3 meter, kalau airnya dangkal tidak seperti kedalaman air di danau, berarti disebut rawa. Sinar matahari pun dapat menjangkau dasar rawa karena dangkal. Oleh karena itu rawa tumbuh tumbuhan di dasar rawa. Baca juga Bencana Tornado AZAB BAGI Penduduk Sodom Apa Perbedaan Khawatir, takut, dan ngeri
  • Apakah Orang Zaman Dahulu Mengetahui Rotasi dan Revolusi Bumi?
    Orang zaman dahulu berpikir bahwa bumi itu pusat alam semesta. Mereka menganggap bulan dan matahari yang mengelilingi bumi. Ini, yang disebut dengan teori Geosentris. Pada tahun 1543, Copernicus berpendapat bahwa bumi, bulan dan planet – planet yang menggelilingi matahari. Berarti pusat alam semesta itu adalah matahari, bukan bumi. Kemudian Copernicus menyusun planet – planet tersebut. Mulai yang terdekat dengan matahari, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Dan juga berpendapat bahwa semua planet memiliki kecepatan untuk mengelilingi matahari. Misalnya 2 tahun di bumi berarti 1 tahun di Mars. Meskipun pada masa itu belum ada data penelitian yang…
  • Bencana Tornado
    Apa itu Tornado? Tornado adalah mesin pemusnah. Tornado adalah jenis angin berputar yang paling menyeramkan yang memiliki kecepatan 60 sampai lebih dari 320 mil per jam. Dan juga Tornado dapat mengangkat kereta yang seberat 20 kilo ton dan 117 penumpang. Tornado yang di laut dinamakan puting beliung. Puting beliung dapat membawa air ke atas. Tapi puting beliung tidak sehebat tornado yang di daratan. Oh iya, Tornado juga seperti manusia yaitu bisa pensiun. Artinya Tornado tidak bisa berputar lagi. Baca juga Perbedaan Danau dan Rawa AZAB BAGI Penduduk Sodom Apa Perbedaan Khawatir, takut, dan ngeri
  • Planet Mars
    Mars adalah planet yang kering dan gersang. Tidak ada apa-apa di sana. Hanya ada batu-batuan dan gunung. Mari kita lebih jauh memahami Mars. Mars, Menyimpan Misteri Kehidupan Banyak peramal besar di dunia yang menduga akan ditemukannya kehidupan di planet lain. Tahun 1984, Roberta Score menemukan sebongkah batu di Antartika. Batu tersebut dikirim ke pusat badan astronomi Amerika Serikat (NASA) di texas. Dan batu-batu disimpan sepuluh tahun kemudian para ilmuwan mulai meneliti. Ternyata batu tersebut dari Mars. Para ilmuwan menemukan gelembu-gelembung udara dari Mars. Mereka menemukan mineral yang kemungkinan besar dihasilkan oleh kehidupan lain. Ada benda seperti pipa yang diduga sebagai…
  • AZAB BAGI Penduduk Sodom
    Nabi Luth As. diutus oleh Allah untuk menyadarkan penduduk sodom menikahi laki-laki dengan laki-laki . Dan perempuan menikahi perempuan. Nabi Luth As. menyerukan kepada punduduk Sodom untuk segera bertobat dan beribadah kepada Allah SWT. penduduk sodom tetap menyuruh Nabi Luth As. pergi dari ke kota Sodom. Kemudian Allah SWT. memberi azab kepada penduduk Sodom, azabnya adalah batu-batuan yang berjatuhan dari lagit.
  • Wabah Black Death
    Wabah: Suatu hari terjadilah wabah yang namanya Black death. Itu adalah wabah yang sangat menyeramkan dibanding Covid-19, nah orang yang terkena wabah itu kulitnya akan berubah menjadi hitam. Dan jadi disebut Black death, karena pendarahan kulit. Wabah itu hilang pada 4 tahun
  • MIR, sebagai Stasiun Luar Angkasa Tersukses
    Mir bukan satu-satunya stasiun angkasa luar. Ia telah diganti dengan yang lebih modern dan megah yaitu ISS. Tapi orang-orang masih menganggap bahwa MIR itu sebagai stasiun tersukses. MIR adalah stasiun ke-8 di Rusia. Ia dibangun pada tahun 1986-1996. Yang berada di MIR tidak hanya kosmomot Rusia. MIR juga dihuni astronot-astronot bangsa lain. Setelah bertugas 15 tahun MIR diledakkan pada Bulan Maret 2001. Diledakkan di atmosfer bumi. Dan kepingannya jatuh di laut Samudra Pasifik. Baca juga Planet Mars Nama nama bulan di setiap planet! Apakah Orang Zaman Dahulu Mengetahui Rotasi dan Revolusi Bumi? Lima Orang Pertama ke Luar Angkasa
  • Seperti apa Komputer Terkecil?
    Poma adalah nama komputer yang bisa “dipakai” . CPU-nya di jepit di “ikat kepala” pemakainya. Monitor, yang cuma sebesar 2,5 cm, terpasang pada ikat kepala, tepat di mata. Komputer multimedia yang baru diluncurkan tahun 2002 yang lalu. Ini punya mouse sebesar jari (di ambil dari pustaka lebah) Baca juga Kapan internet lahir?
  • Kapan internet lahir?
    Di tahun 1960, Donald Davies dari inggris dan Paul Baran dari Amerika Serikat membuat program agar data-data dari banyak komputer dapat dikumpulkan di satu tempat. Inilah cikal bakal jaringan komputer. Jaringan komputer yang lebih modern di buat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Jaringan yang disebut ARPANET itu terdiri dari tempat komputer. Jaringan ini dibuat untul menghadapi ancaman perang nuklir. Para pemakai komputer di jaringan ini dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi rahasia melalui surat elektronik. Jaringan ARPANET ini layak dianggap sebagai nenek moyang internet. (Di ambil dari pustaka lebah) Bagimana internet bekerja? Jaringan internet memungkinkan pemakai komputer…
  • Nama nama bulan di setiap planet!
    Merkurius dan venus tidak mempunyai bulan. Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus mereka mempunyai bulan 1. Bumi: Nama Bulan: Bulan/Moon. Gravitasi Bulan hanya seperenam gravitasi Bumi. Jika beratmu di bumi 36 kilogram, beratmu di Bulan akan sama dengan seekor anjing kecil. Mars: Nama Bulan: Phobos dan Deimos. Perhatikan 2 benda di dekat Mars. Itulah Phobos dan Deimos, 2 bulan tersebut seperti kentang. Jupiter: Nama Bulan: Io, Europa, Ganymade, dan Callisto. 4 bulan tersebut besarnya seperti Merkurius. Saturnus: Nama Bulan: Mimas, Enceladus, Tethys, Dione, Rhea, Titan, hyperion, dan Lapetus. Saturnus adalah bulan terbanyak di antara planet lain. Uranus: Nama Bulan: Miranda,…
  • Lima Orang Pertama ke Luar Angkasa
    12 April 1961: Kosmonot Uni Sovyet, Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang menjelajah angkasa luar. Dengan menumpang vostok 1. 5 Mei 1961: Alan Shepart menjadi Astronot Amerika Serikat pertama yang menjelajah angkasa luar. Ia naik pesawat Freedom 7. 16 Juni 1963: Valentina Tereshkova, kosmonot uni sovyet, menjadi perempuan pertama yang menjelajahi angkasa. 18 Maret 1965 Alexia Leonov, kosmonot uni sovyet. Menjadi manusia pertama yang melakukan “Space Walk” 20 Juni 1969 Impian ke Bulan terwujud di tahun 1969. Apollo 11 berhasil mengantarkan Neil Amstrong dan Edwin “Buzz” aldrin menginjakan kaki di Bulan. (Diambil dari Pustaka Lebah) Baca juga Nama nama bulan…
  • Blog Gavin Haryori
    Perkenalkan aku Gavin. Aku buat website dengan berbahasa Indonesia. Aku menulis ini karena aku suka menulis😄. Hobi aku adalah menulis, membaca, dan bermain gitar. Kalau ingin bertanya kepadaku. Kamu bisa komen di bawah atau menghubungi saya di email gavinharyori@gmail.com. Terimakasih semuanya. 😀